Pj. Bupati Landak Resmikan Listrik Tenaga Surya Dusun Mengkatang

LENSALANDAK.COM I Landak- Pj. Bupati Landak Samuel, SE, M.Si menghadiri sekilgus membuka acara Peresmian Listrik Tenaga Surya di Dusun Mengkatang, Desa Temiang Sawi Kecamatan Ngabang, Kabupaten Landak. Jumat (28/07).

Turut hadir dalam acara tersebut Manager Wahana Visi Indonesia, Kasatpol PP, Camat Ngabang, Kepala Desa Temiang Sawi, Kepala Dusun, Ketua Adat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat Dusun Mengkatang.

Dalam kesempatan tersebut Samuel mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Wahana Visi Indonesia yang telah memfasilitasi pembangunan panel listrik tenaga surya di Dusun Mengkatang ini.

“Melalui WVI telah disampaikan permasalahan yang dihadapi di Dusun Mengkatang ini sehingga diberikannya bantuan untuk pengadaan panel listrik tenaga surya di Dusun Mengkatang. Serta terima kasih khususnya kepada PT. Talu Investama atas kepedulian dan perhatian yang diberikan kepada masyarakat di Dusun Mengkatang melalui pengadaan panel listrik tenaga surya ini,” ucap Samuel.

Lebih lanjut Samuel menyampaikan bahwa bantuan penerangan listrik ini mencakup sebanyak 73 rumah tangga serta diharapkan dengan adanya listrik tenaga surya ini dapat membantu penerangan di malam hari dan agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Saya berharap agar fasilitas ini dapat terus bertahan dan digunakan oleh masyarakat desa, namun ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat untuk dapat merawat dan menjaga fasilitas yang telah diberikan sesuai dengan sosialisasi dari WVI terkait perawatan panel listrik tenaga surya ini,” tutur Samuel.

Samuel menyampaikan bahwa Pemerintah daerah telah mengajukan permohonan untuk pemasangan listrik PLN dan pemerintah daerah juga berkewajiban untuk memastikan dan memfasilitasi pembangunan PLN ini agar tidak terjadi gangguan dan hambatan.

“Hambatan yang biasa terjadi adalah pada saat pemasangan tiang listrik terdapat tanaman atau pohon yang harus ditebang dan masyarakat menuntut ganti rugi yang cukup tinggi. Sehingga saya berharap kepada masyarakat agar tidak melakukan hal tersebut agar pengadaan listrik ini dapat berjalan lancar,” harap Samuel.

Tidak lupa Samuel juga menyampaikan agar masyarakat dapat mendukung program dari kepala desa karena itu semua bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Saya berharap kepada kepala desa agar dapat memanfaatkan dana desa yang ada dengan sebaik-baiknya untuk kebutuhan pembangunan, kegiatan sosial, dan pembinaan masyarakat, serta dalam pengalokasian dana desa, agar kepala desa dapat mengikutsertakan BPD dan tokoh masyarakat dalam menentukan apa saja yang menjadi prioritas desa,” tutup Samuel.(*)

Penulis: MataBorneoNewsEditor: IM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *