Gempa Terjadi Lagi di Kecamatan Air Besar Landak, Berikut Penjelasan BMKG

LENSALANDAK.COM | LANDAK – Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat kembali diguncang gempa bumi tektonik, Kamis, 6 Juli 2023 pukul 5:43:22 WITA.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter M=2.6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 0.62 LU dan 110.0 BT, atau tepatnya berlokasi 102 km timur laut Pontianak-Kalimantan Barat pada kedalaman 8 km.

Kepala Stasiun Geofisika Manado, Tony Agus Wijaya, S.Si mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Lokal.

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, dengan intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

“Hingga saat ini tidak terdapat laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan gempabumi tersebut. Hingga hari Kamis, 6 Juli 2023 pukul 11:56:48 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock), ” jelasnya.

Kepada masyarakat di wilayah Kec. Air Besar dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu, Camat Air Besar, Mohammad Ivan Zulfisani, S.STP, mengatakan sejauh ini belum ada masyarakat yang melaporkan/menceritakan tentang dampak atau getaran yang terjadi pada dini hari akibat gempa tersebut. Bahkan untuk lokasi pasti terjadi gempa juga belum diketahui. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *