Persekolahan SETIA Pontianak (PSP) Laksanakan Ibadah Paskah Serta Pelepasan Siswa SD SMPTK Dan SMAK Tahun 2024

Ibadah Paskah Serta Pelepasan Siswa SMPTK Dan SMAK SETIA Pontianak

LENSALANDAK.COM I Pontianak, Persekolahan Setia Pontianak (PSP) laksanakan Ibadah Paskah dan Pelepasan Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMPTK) Angkatan 4 dan Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas (SMAK) yang dilaksanakan Aula GKSI BETESDA Pontianak Utara pada hari Rabu (19 April 2023).

Tampak hadir Pembimas Kristen Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kalbar, Pdt. Dr. Hariyanto Uar, S.Th., M.Pd.K, Ketua Pengelola Yayasan SABAS Kota Pontianak, Kepala Sekolah SMPTK SETIA, Kepala SMAK SETIA Pontianak, Dewan Guru Persekolahan Setia Pontianak (PSP), Orangtua Wali Siswa serta Siswa Siswi SMPTK dan SMAK SETIA Pontianak. 

Dalam sambutannya Pembimas Kristen Kemenag Kalbar, Pdt. Dr. Hariyanto Uar, S.Th., M.Pd.K mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Persekolahan Setia Pontianak (PSP) dengan melaksanakan Ibadah Paskah dan Pelepasan Siswa SMPTK dan SMAK dengan sangat meriah. 

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Momen Paskah Tahun 2023, tentang Kebangkitan Tuhan Yesus Kristus yang telah terjadi sejak ribuan tahun silam. Melalui Tema Paskah tahun 2023 : “Ia mendahului kamu di Galilea; Jangan takut, (Matius, 28:7 dan 10). 

“Secara sederhana Firman Tuhan di Ulas melalui Sub Tema: Makna Kematian dan Kebangkitan Kristus berdasarkan Injil Yohanes 3:16 dan 1 Korintus 15:57,” ucapnya. 

Pdt. Dr. Hariyanto Uar, S.Th., M.Pd.K yang adalah Pembimbing Masyarakat Kristen Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, sebelum menyampaikan Firman Tuhan diawali dengan Salam Pembimas dikenal dengan 3B yaitu Baik, Beriman dan Bersaudara. 

Pdt. Dr. Hariyanto Uar, S.Th., M.Pd.K mengajak semua jemaat untuk mempraktekan salam ini dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam pemberitaannya, Pdt. Dr. Hariyanto Uar, S.Th., M.Pd.K, merangkum Firman Tuhan dalam Dua Makna Paskah yang dibagi dalam sub-sub yaitu Kematian Kristus dan Kebangkitan Kristus. 

Mengakhiri Khotbahnya, Pdt. Dr. Hariyanto Uar, S.Th., M.Pd.K menyampaikan Motto Pembimas 3 TI yaitu Bekerja dengan Hati, Bekerja Hati-Hati dan Bekerja Sepenuh Hati 

Selain itu Pembimas Kristen Pdt. Dr. Hariyanto Uar, S.Th., M.Pd.K menyampaikan pesan kepada lulusan SMPTK SETIA Pontianak angkatan 4 dan Lulusan SMAK SETIA Pontianak angkatan 7 agar mempraktekan ATM singkatan dari  Adopsi, Tiru dan Modivikasi. 

“Saya sampaikan pesan khusus kepada lulusan SMPTK dan SMAK SETIA Pontianak, bahwa didikan yang telah diberikan oleh dewan guru di sekolah agar siswa mampu mengadopsi, meniru, dan memodivikasi atau ATM agar dijadikan sebagai modal dasar untuk pengembangan diri selanjutnya,” tuturnya. 

Sementara itu dalam sambutannya Pdt.©Dr. Gihon Nenabu, M.Th., M.Pd selaku Pengelola Persekolahan Setia Pontianak (PSP) dari tingkat TK PAUD, SDTK, SMPTK, SMAK, dan STAK yang di naungi oleh Yayasan Setia Arastamar Bagi Bapa Sorgawi (SABAS) Cabang Pontianak mengatakan bahwa Persekolahan Setia Pontianak (PSP) adalah TERBAIK, karena dari tahun ke tahun jumlah siswa terus mengalami peningkatan. 

“Artinya masyarakat khususnya di Kota Pontianak dan umumnya di Kalimantan Barat telah mempercayai putra dan putrinya di Persekolahan ini agar di didik baik secara Iman, Ilmu Pengetahuan, Keterampilan, dan Sikap atau Karakter agar para lulusannya mampu bersaing di dalam negeri maupun di luar negeri,” ungkapnya. 

Pdt.©Dr. Gihon Nenabu, M.Th., M.Pd atas nama Pengelola Yayasan mengucapkan terimakasih kepada Orangtua wali siswa yang telah mempercayakan putra putrinya untuk menimba ilmu di persekolahan ini selama 3 tahun adalah hal yang tidak mudah. 

“Namun sebagai insan ciptaan Tuhan, didalam prosesnya semua dapat berjalan dengan baik sehingga pada hari ini kita dapat berkumpul dan menyaksikan anak-anak kita yang dengan mimik ceria mengikuti kegiatan pelepasan ini dengan sukacita,” ujarnya. 

Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Seluruh Dewan Guru yang terlibat langsung dalam mencerdaskan anak-anak bangsa di Persekolahan ini. 

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Pembimas Kristen Kanwil Kemenag Prov. Kalimantan Barat sebagai perwakilan dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kantor Kementerian Agama RI melalui Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI menjadi Mitra Strategis yang mendukung program Pendidikan Keagamaan Kristen di Republik ini,” tuturnya. 

Pdt.©Dr. Gihon Nenabu, M.Th., M.P menambahkan bahwa sebagai Pendiri Persekolahan Setia Pontianak (PSP), terus membenah mempersiapkan SARPRAS agar menunjang kegiatan belajar mengajar di Persekolahan ini. 

“Kami terus melakukan upaya Swadaya Masyarakat melalui Orangtua wali siswa yang menggalang dana Pembangunan, Yayasan juga membangun kerjasama dengan Negara Korea Selatan untuk Hibah Bangunan Sekolah. Sebagai Bukti bahwa Gedung Satu yang dibangun sejak Tahun 2017 dipergunakan secara bergantian untuk belajar. Pada tahun 2022 kembali membantu Pembangunan gedung 2 yang nantinya digunakan untuk KBM SMPTK SETIA,” jelasnya.

Selain itu, Yayasan juga akan membangun Kerjasama dengan Pihak luar untuk mendatangkan tenaga-tenaga ahli pendidikan yang nantinya turut mengembangkan potensi-potensi diri pada peserta didik dipersekolahan ini terutama di tingkat SMAK.

“Saat ini lulusan SMAK setelah selesai belajar di Sekolah ini maka langsung diserap oleh Perusahaan-perusahaan Internasional di dalam Negeri dan di Luar Negeri,” jelasnya lagi. 

Hal yang sama disampaikan Kepala Sekolah SMPTK SETIA Pontianak, Arhenis Asbanu, S.Sos, Ia merasa bersyukur kepada Tuhan atas Anugerah-Nya Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama (SMPTK) Angkatan 4 telah menyelesaikan ujian dengan baik. 

“Dengan selesainya ujian berarti mereka telah menyelesaikan studynya di jenjang SMP dan SMA, kami berharap mereka terus melanjutkan pendidikan ke jenjang yg lebih tinggi, minimal S-1 karena hanya melalui pendidikan maka seseorang dapat mengubah hidupnya ke arah yang lebih baik,” harapnya. 

Kepada orangtua siswa, Arhenis Asbanu, S.Sos, juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaannya kepada persekolahan Setia, sehingga menitipkan anaknya untuk dididik di sini. Biarlah kerjasama ini terus berlanjut demi mencerdaskan generasi-generasi selanjutnya. 

Sementara itu salah satu orantua siswa, Ev.Yeskiel Lanmai,S.Sos.,MM mengatakan sangat bersyukur bahwa dirinya yang berpindah dari Kupang dengan dibantu oleh pihak Yayasan dalam menempuh pendidikan anaknya. 

“Saya sangat terbantu dengan adanya sekolah ini, selain mendapat pendidikan formal, anak-anak kami juga mendapatkan pendidikan serta bimbingan yang baik dari Guru-guru disini sehingga anak-anak kami bisa menyelesaikan pendidikanya dengan baik,” pungkasnya. (IM)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *